Senin, 09 April 2012

TUGAS KEWARGANEGARAAN (WANUS)


Wawasan Nusantara


1. Unsur-Unsur Dasar Wawasan Nusantara
        
         Unsur-unsur dasar wawasan nusantara meliputi beberapa aspek yaitu, menurut wadahnya, isinya, dan tingkah lakunya.

   1.1 Wadah

         Wadah dalm kehidupan seluruh masyarakat , bangsa dan negara Indonesia meliputi seluruh cakupan wilayah Indonesia yang mempunyai aneka macam kekayaan alam di nusantara ini serta bermacam-macam budaya suku-suku di Indonesia. Wadah bangsa Indonesia memiliki organisasi dalam berbagai kenegaraan dalam wujud supra struktur politik dan wadah dalam kehidupan bermasyarakat adalah dalam berbagai kelembagaan dalam bentuk infra struktur politik.

   1.2. Isi
        
         Merupakan suatu aspirasi bangsa yang berkembang di masyarakat dan cita-cita serta tujuan nasional yang terdapat pada Pembukaan UUD 1945. Untuk dapat mencapainya, bangsa Indonesia harus mampu menciptakan persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan kehidupan nasional berupa politik, ekonomi, social budaya dan hankam. Isinya menyangkut dua hal yaitu, pertama adalah merealisasikan aspirasi bangsa sebagai kesepakatan bersama dan perwujudannya, pencapaian cita-cita dan tujuan nasional persatuan. Kedua adalah persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan yang meliputi semua aspek kehidupan nasional.

   1.3 Tingkah Laku

         Hasil interaksi antara wadah dan isi wawasan nusantara terdiri dari :
-         Tata laku batiniah yaitu mencerminkan jiwa, semangat dan mentalitas yang baik dari bangsa Indonesia.
-         Tata laku lahiriah yaitu tercermin dalam tindakan, perbuatan dan perilaku dari bangsa Indonesia.
Kedua tata laku tersebut mencerminkan identitas jati diri bangsa berdasar darisisi kekeluargaan dan sisi kebersamaan yang memiliki rasa bangga dan cinta terhadap bangsa dan tanah air sehingga menimbulkan rasa nasionalisme yang tinggi dalam semua sisi aspek dalam kehidupan nasional.

2. Asas-Asas Wawasan Nusantara

         Asas-asas wawasan nusantara merupakan ketentuan-ketentuan dasar yang harus dipatuhi,ditaati, dan dipelihara, serta diciptakan agar deeeeeemi terwujudnya ketaatan dan setianya komponen atau unsur pembentuk bangsa Indonesia (suku atau golongan) terhadap kesepakatan bersama.
Asas wawasan nusantara terdiri dari :
1. Kepentingan atau tujuan yang sama
2.  Keadilan
3. Kejujuran
4. Solidaritas
5. Kerjasama
6. Kesetiaan terhadap kesepakatan

         Dengan latar belakang budaya, sejarah serta kondisi dan konstelasi geografi serja memperhatikan perkembangan lingkungan yang strategis, maka pandangan wawasan nusantara meliputi arah :

1. Kedalam
         Bangsa Indonesia harus peka dan berusaha mencegah dan mengatasi sendiri kemungkinan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya disintegerasi bangsa dan mengupayakan tetap terbina dan terpeliharanya persatuan dan kesatuan.
         Tujuannya adalah untuk menjamin terwujudnya persatuan kesatuan segenap aspek kehidupan nasional baik pada aspek ilmiah maupun pada aspek social.

2. Keluar
         Bangsa Indonesia pada semua aspek kehidupan internasional harus berusaha untuk mengamankan kepentingan nasional dalam semua sapek kehidupan baik pada aspek politik, ekonomi, sosial budaya, pertahan keamanan demi tercapainya tujuan nasional.
         Tujuannya adalah untuk menjamin nasional dalam dunia yang serba berubah dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia.

3. Kedudukan Wawasan Nusantara

         Wawasan nusantara adalah suatu ajaran yang diyakini kebenaran oleh seluruh rakyat yang bertujuan agar tidak terjadinya penyesatan dan penyimpangan dalam rangka mencapai dan mewujudkan tujuan nasional.
         Wawasan nusantara dalm paradigma nasional dapat dilihat dari hirarki paradigmanasional sebagai berikut :
  
- Pancasila (dasar negara)                           Landasan Idiil
- UUD 1945 (Konstitusi Negara)                  Landasan Konstitusional
- Wawasan Nusantara (Visi Bangsa)          → Landasan Visional
- Ketahanan Nasional ( Konsepsi Bangsa) → Landasan Konsepsional
- GBHN (Kebijakan Dasar Bangsa)           → LAndasan Operasional

         Fungsi Wawasan Nusantara adalah pedoman, motivasi, dorongan, serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijaksanaan, keputusan, tindakan dan perbuatan, baik bagi penyelenggara negara ditingkat pusat dan daerah maupun bagi seluruh rakyat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
         Tujuan Wawasan Nusantara adalah mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala bidang dari rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan orang perorangan, kelompok, golongan, maupun suku bangsa atau daerah.
V

1 komentar:

  1. maaf ya teman, mau kasih masukan nih kita kan anak gundar,kita jg udah masuk ke pembelajaran mata kuliah softskill ayo dong blognya disisipin
    link Universitas Gunadarma misalnya kaya gini nih
    * www.gunadarma.ac.id
    * www.studentsite.gunadarma.ac.id
    * www.baak.gunadarma.ac.id
    * dll.
    ini buat kriteria penilaian mata kuliah softskill temen2 :D

    BalasHapus