Minggu, 28 Oktober 2012

INDOMALAY - SIA


INDONEMALAY - SIA
           
            Jika membahas tentang kedua negara ini, sepertinya dipikiran kita yang terbayang hanyalah konflik dan konflik saja. Konflik ini berawal saat kepemimpinan presiden Ir. Soekarno yang ketika Malaysia saat itu menjadi negara baru di Asia Tenggara karena diberikan oleh Inggris. Inggris membentuknya menjadi sebuah negara saat itu hanyalah untuk menjadi negara boneka untuk mengambil daerah Kalimantan sebelah utara. Hal ini membuat presiden Ir. Soekarno marah hingga akhirnya memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Malaysia saat itu.
            Coba saja kita ingat beberapa tahun terakhir negara Malaysia mengklaim bahwa blok Ambalat adalah negara milik mereka secara sepihak. Kasus ini bermula ketika perlakuan pemerintah Malaysia yang memberi konsesi kepada perusahaan minyak, Shell untuk melakukan eksplorasi di Laut Sulawesi. Malaysia mengklaim blok Ambalat yang berada di perairan Karang Unarang tersebut adalah milik Malaysia. Padahal, berdasarkan deklarasi Juanda 1957, pulau tersebut milik Indonesia. Deklarasi Juanda sendiri pada tahun 1959 telah diadopsi oleh PBB ke dalam Konvensi Hukum Laut. Dengan demikian, PBB pun mengakui kepemilikan Indonesia atas pulau itu. Sejumlah isu sensitif, khususnya yang berkaitan dengan teritorial seperti ini berpeluang besar mengganggu hubungan saudara serumpun itu. Apalagi, masyarakat Indonesia melihat perilaku Malaysia belakangan ini cenderung melecehkan Indonesia. Perlakuan pemerintah dan rakyat “Negeri Jiran” tersebut kepada para TKI kita di sana sungguh merupakan tindakan yang tidak terpuji.
            Konflik mengenai kedua negara ini seakan masih belum akan usai. Jika diibaratkan sinetron TV, konflik kedua ini masih “bersambung” dan saya yakin konflik ini akan mereda dan tidak ada konflik lagi diantara kedua negara ini suatu saat nanti. Coba saja jika kedua negara ini tidak ada lagi konflik, tidak ada kecanggungan ketika kedua warga tersebut bertemu dan saling berjabat tangan yang seakan tidak pernah ada konflik dan perseteruan yang terjadi sebelumnya. Kita doakan saja semoga negara INDONESIA dengan MALAYSIA  dapat segera berdamai dan melupakan sejarah konflik masa lalu, dan semoga kedua negara ini  selalu bersatu dan saling menyatu satu sama lainnya. Aamiin

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar